27.2 C
Banda Aceh

Forkopimda Buka Pembekalan Moderasi Beragama

REDELONG | CBNPost – Forkopimda Bener Meriah membuka kegiatan Pembekalan Moderasi Beragama yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah, Kamis (27/10/22).

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Penjabat Bupati Bener Meriah, Drs Haili Yoga M.Si yang didampingi Dandim 0119/BM Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto M.Han yang diwakili Kepala Staf Kodim Mayor Inf M. Indra Syahputra.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Moderasi Beragama merupakan upaya membentuk pemikiran yang moderat, terbuka dan luas, terutama dalam memahami sebuah keragaman dalam beragama.

“Artinya, dalam berpikir kita tidak saling menjatuhkan, tidak boleh asal klaim untuk menyalahkan dan tidak boleh memaksakan cara pandang kita terhadap orang lain,” ujar Haili Yoga.

Baca lainnya: Irwandi Yusuf Bebas Bersyarat

Haili juga menambahkan sosialisasi dan pembinaan Moderasi Beragama ini adalah tugas para penyuluh agama yang harus bisa diterapkan di tengah-tengah masyarakat seperti kelompok pengajian, majelis taklim, maupun dalam metode pengajaran di tingkat pendidikan anak-anak sekolah seperti madrasah serta taman pendidikan Al-Qur’an.

“Sehingga masyarakat kita di Bener Meriah ini punya perilaku yang moderat dan terbuka luas secara pemikiran,” imbuhnya.

Pj Bupati juga berharap  penyuluh agama berperan dalam menyampaikan dan mensosialisasikan program pemerintah kepada masyarakat, baik secara langsung maupun melalui kelompok binaan, tentu hal ini harus diiringi dengan memberikan contoh keteladanannya.

Baca juga: HUT ke-71 Humas, Polres Bener Meriah Gelar Bakti Kesehatan

Selain itu, Pj Bupati menuturkan bahwa kegiatan pembekalan Moderasi Beragama bertujuan menumbuhkan toleransi dan sebagai upaya mengantisipasi berbagai ancaman seperti radikalisme yang berpotensi memecah belah persatuan bangsa.

“Ini sebagai strategi membangun kebudayaan dan karakter bangsa. Apalagi seperti daerah kita dikenal dengan adat dan budaya gayo yang sangat kuat. Itulah yang harus kita rawat, namun tetap dengan toleransi dan menghormati perbedaan yang ada,” tegasnya.

Sementara Kepala Staf Kodim usai pembukaan pembekalan Moderasi Beragama menjelaskan, Pembekalan Moderasi beragama penting dilaksanakan untuk menjaga, merawat dan membangun persatuan umat beragama dalam koridor kebhinekaan bangsa Indonesia dimana

“Indonesia merupakan bangsa majemuk yang memiliki beragam suku, agama dan budaya. Kemajemukan ini menjadi keunikan bangsa yang patut dijaga bersama. Untuk itu, semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai penjaga toleransi dalam keberagaman diharapkan dapat terus dipertahankan demi terwujudnya pembangunan nasional,” ucap Kasdim.

Ia juga berharap agar para peserta dapat memahami dan ilmu yang di dapat agar disampaikan kepada masyarakat.

Selain PJ Bupati dan Kasdim, hadir dalam kegiatan tersebut, Kakanmenag Bener Meriah, Drs. H. Hamdan. MA, Kasat Intel Polres,  Iptu Dasril, Kasi Intel Kejaksaan, Aulia SH, Wakil Ketua MPU Bener Meriah, Tengku Lamno, pemateri dan peserta pembekalan dari Forum Komunikasi Umat Beragama. []

Berita menarik lainnya: UIN Ar-Raniry Lakukan Praktikum Filologi di Dayah Teungku Cheik Awee Geutah

Katakan Tidak untuk Golput di Pemilu 2024

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

https://kampungbahasa.id/kampung/mpo/ https://kampungbahasa.id/wp-includes/updates/ https://chsdbacks.com/ https://infojabodetabek.com/ https://motor138.com/ https://jurnal.usy.ac.id/lib/sigacor/ https://pauddikdasmen.com/uploades/maxwin/ https://www.pauddikdasmen.com/assets/vendor/ https://krebet-jambon.desa.id/maxwin88/ https://bululor.desa.id/.well-known/ https://rsiaibunda.or.id/rawat-inap/ https://poko.desa.id/wp-content/shop/ https://poko.desa.id/product/ https://ntt.sdgs.web.id/platform/ https://ntt.sdgs.web.id/wp-content/web/ https://gorontalo.sdgs.web.id/scatter/ https://gorontalo.sdgs.web.id/informasi/ https://upbuwamena.id/landasan/
https://profile.hatena.ne.jp/Brendatan/ https://www.wattpad.com/user/Brendatan009 https://audiomack.com/andirarasty https://id.pinterest.com/andirarasty/ https://www.imdb.com/user/ur179798197/?ref_=nv_usr_prof_2 https://medium.com/@andira.rasty93/slot-gacor-4d-daftar-situs-slot-online-resmi-terbaik-2024-41eb4560896b https://replit.com/@andirarasty93 https://www.twitch.tv/andirarasty/about https://tawk.to/andirarasty https://www.kickstarter.com/profile/1863524525/about https://micro.blog/andirarasty https://dribbble.com/andirarasty/about https://note.com/andirarasty/ https://www.coursera.org/learner/andirarasty https://www.discogs.com/user/andirarasty https://ext-6536871.livejournal.com/profile/ https://www.reverbnation.com/andirarasty https://www.wattpad.com/user/putrinastasya https://audiomack.com/putrinastasya https://id.pinterest.com/putrinastasya96/ https://www.imdb.com/user/ur179938861/?ref_=nv_usr_prof_2 https://medium.com/@putri.nastasya96/motor138-daftar-situs-slot-online-gacor-resmi-terbaik-2024-5cc8d72ed6b6 https://replit.com/@putrinastasya96 https://www.twitch.tv/putrianastasya96/about https://tawk.to/Motor138slotgacor?_gl=1*1b5uss2*_ga*MjAwNjQ0NDQ1NS4xNzEyNjAyODg2*_ga_ZJL9LF36Z8*MTcxMjYwMjg4NS4xLjEuMTcxMjYwMzQ1MS4wLjAuMA.. https://www.kickstarter.com/profile/478989317/about https://micro.blog/putrianastasya https://dribbble.com/putrianastasya/about https://www.coursera.org/learner/putrianastasya https://www.discogs.com/user/putrianastasya https://ext-6536876.livejournal.com/profile/ https://www.reverbnation.com/putrianastasya