27.2 C
Banda Aceh

Hutan Nanggroe, Pidato Gaes Lewat Lagu

Jangan tanya kenapa/ ini terjadi/
Jangan tuduh siapa/ di balik bencana ini/
Hutan di eksploitasi/ gunung digunduli/
Awas bahasa erosi/ banjir bandang, longsor datang lagi..

Inilah sepenggal syair lagu yang dinyanyikan Maimunzir vokalis Sanggar Curahan Expresi (CuEX), yang bercerita tentang bencana yang bertubi-tubi melanda nanggroe ini.

Lagu ini diciptakan oleh (Alm) Andi dan Maimunzir yang diangkat dari kisah nyata dari beberapa bencana alam yang terjadi di Aceh. Lagu ini juga bercerita tentang ekosistem yang semakin rapuh seperti fenomena satwa yang terusir dari habitatnya.

Lagu ini sudah digarap sejak lama. Namun isunya tak pernah mati, seiring masih tertutupnya mata dan telinga manusia-manusia bertangan besi yang mematahkan tiang keseimbangan alam dengan membabat perkasa-perkasa belantara yang selama ini menghalau aliran deras curahan langit.

Maimunzir juga tidak pernah berhenti. Konsisten memproduksi dan menyanyiakan lagu-lagu bertema balada, dia terus mengkritisi keadaan yang menurutnya semakin timpang dalam tatanan sosial dan pemerintahan.

Setelah hampir satu dasawarsa CuEX vakum karena kesibukan para anggotanya, Maimunzir mulai mencoba untuk bersolo karir dengan mendirikan Channel Youtube Maimunzir Official. Lagu-lagu sebelumnya bersama CuEX ia reborn dan disandingkan dengan lagu-lagu barunya. Di deretan lagu lamanya ada Hutan Naggroe, Balada Anak Gembala, Untukmu di Jalan, Prempuan Perkasa dan beberapa lagu lainnya.

Maimunzir kemudian eksis di solo karirnya. Karyanya masih sama, protes! Ada banyak karya dengan muatan syair satir di dalamnya. Ia juga mengembangkan diri dengan berkolaborasi dengan Apache13 dan melahirkan lagu-lagu fenomenal yang “menggigit” anasir yang menjadi penyakit sosial di dalam masyarakat dan pemerintahan.

Baca juga: Pinang Telangke (Teka-Teki Geometris dari Leluhur)

Di deretan karya terbarunya ada Poh Bandet, Hak Reman, Awak Dalam, Bagi Tumpok dan beberapa lainnya yang menceritakan tentang hal-hal yang timpang namun lazim terjadi sehingga mulai dianggap sebagai hal biasa.

Maimunzir telah dikenal sebagai Bang Gaes. Itu dimulai dari kebiasaannya menyapa orang-orang dengan sebutan seperti itu. Semakin lama, khususnya di sosial media, sebutan Gaes melekat ke Maimunzir. Akhirnya, setiap bertemu orang, dia akan disapa Bang Gaes yang memberi kesan akrab.

[bin]

Baca: Petikan Senar Jasmine (Cerpen)

Terakhir, Maimunzir mulai memberi umpan balik kepada berbagai pihak setelah beberapa konsernya dianggap melangkahi kekhususan Aceh yang bernuansa syariat Islam. Ada yang beranggapan konser dan semacamnya merupakan bagian dari sesuatu yang menimbulkan kemaksiatan dan bisa mendatangkan azab atau musibah.

Menyikapi ini, Bang Gaes malah mengajak untuk sekali saja merenungkan bait-bait yang yang menjadi muatan syair lagunya. Lagu Hutan Nanggroe menurutnya merupakan pidato musikalisasi yang ia ramu untuk memberi peringatan kepada manusia agar menjaga hutan. Hutan ditebang dan banjir datang adalah sunnatullah, hukum alam. Karena tugas manusia menjaga keseimbangan alam ini.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

https://kampungbahasa.id/kampung/mpo/ https://kampungbahasa.id/wp-includes/updates/ https://chsdbacks.com/ https://infojabodetabek.com/ https://motor138.com/ https://jurnal.usy.ac.id/lib/sigacor/ https://pauddikdasmen.com/uploades/maxwin/ https://www.pauddikdasmen.com/assets/vendor/ https://krebet-jambon.desa.id/maxwin88/ https://bululor.desa.id/.well-known/ https://rsiaibunda.or.id/rawat-inap/ https://poko.desa.id/wp-content/shop/ https://poko.desa.id/product/ https://ntt.sdgs.web.id/platform/ https://ntt.sdgs.web.id/wp-content/web/ https://gorontalo.sdgs.web.id/scatter/ https://gorontalo.sdgs.web.id/informasi/ https://upbuwamena.id/landasan/
https://profile.hatena.ne.jp/Brendatan/ https://www.wattpad.com/user/Brendatan009 https://audiomack.com/andirarasty https://id.pinterest.com/andirarasty/ https://www.imdb.com/user/ur179798197/?ref_=nv_usr_prof_2 https://medium.com/@andira.rasty93/slot-gacor-4d-daftar-situs-slot-online-resmi-terbaik-2024-41eb4560896b https://replit.com/@andirarasty93 https://www.twitch.tv/andirarasty/about https://tawk.to/andirarasty https://www.kickstarter.com/profile/1863524525/about https://micro.blog/andirarasty https://dribbble.com/andirarasty/about https://note.com/andirarasty/ https://www.coursera.org/learner/andirarasty https://www.discogs.com/user/andirarasty https://ext-6536871.livejournal.com/profile/ https://www.reverbnation.com/andirarasty https://www.wattpad.com/user/putrinastasya https://audiomack.com/putrinastasya https://id.pinterest.com/putrinastasya96/ https://www.imdb.com/user/ur179938861/?ref_=nv_usr_prof_2 https://medium.com/@putri.nastasya96/motor138-daftar-situs-slot-online-gacor-resmi-terbaik-2024-5cc8d72ed6b6 https://replit.com/@putrinastasya96 https://www.twitch.tv/putrianastasya96/about https://tawk.to/Motor138slotgacor?_gl=1*1b5uss2*_ga*MjAwNjQ0NDQ1NS4xNzEyNjAyODg2*_ga_ZJL9LF36Z8*MTcxMjYwMjg4NS4xLjEuMTcxMjYwMzQ1MS4wLjAuMA.. https://www.kickstarter.com/profile/478989317/about https://micro.blog/putrianastasya https://dribbble.com/putrianastasya/about https://www.coursera.org/learner/putrianastasya https://www.discogs.com/user/putrianastasya https://ext-6536876.livejournal.com/profile/ https://www.reverbnation.com/putrianastasya